PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE
Main Authors: | Dalle, Ambo, Samad, Sulaiman, Faisal, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf http://eprints.unm.ac.id/13616/ |
ctrlnum |
13616 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13616/</relation><title>PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH
BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA
KABUPATEN BONE</title><creator>Dalle, Ambo</creator><creator>Samad, Sulaiman</creator><creator>Faisal, Muhammad</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya gairah belajar murid di SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana
gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran remidial
berpengaruh terhadap gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis
deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial
di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu 1) tes ulang, 2) pemberian
tugas tambahan, 3) Pembelajaran ulang (penjelasan-penjelasan ulang), 4) belajar mandiri kemudian
tes, 5) belajar kelompok dengan bimbingan guru dan 6) belajar kelompok dengan bimbingan murid
yang telah tuntas belajarnya, (ii) gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu hasil gairah belajar murid pada pelajaran IPS pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai rerata sebesar 88,75 dengan nilai
tertinggi 100 dan nilai terendah 75, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode
konvensional memiliki nilai rerata sebesar 78,33 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65.
Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPS pada kedua kelompok di atas,
maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk gairah belajar murid pada kelompok
eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada
perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok
eksperimen yang melaksanakan pembelajaran remidial dengan kelompok kontrol yang tanpa
melaksanakan pembelajaran remidial.
Kata kunci: Pembelajaran Remidial, blog, Gairah Belajar Murid</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf</identifier><identifier> Dalle, Ambo and Samad, Sulaiman and Faisal, Muhammad (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13616</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dalle, Ambo Samad, Sulaiman Faisal, Muhammad |
title |
PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH
BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA
KABUPATEN BONE |
publishDate |
2019 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf http://eprints.unm.ac.id/13616/ |
contents |
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya gairah belajar murid di SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana
gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran remidial
berpengaruh terhadap gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis
deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial
di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu 1) tes ulang, 2) pemberian
tugas tambahan, 3) Pembelajaran ulang (penjelasan-penjelasan ulang), 4) belajar mandiri kemudian
tes, 5) belajar kelompok dengan bimbingan guru dan 6) belajar kelompok dengan bimbingan murid
yang telah tuntas belajarnya, (ii) gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu hasil gairah belajar murid pada pelajaran IPS pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai rerata sebesar 88,75 dengan nilai
tertinggi 100 dan nilai terendah 75, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode
konvensional memiliki nilai rerata sebesar 78,33 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65.
Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPS pada kedua kelompok di atas,
maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk gairah belajar murid pada kelompok
eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada
perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok
eksperimen yang melaksanakan pembelajaran remidial dengan kelompok kontrol yang tanpa
melaksanakan pembelajaran remidial.
Kata kunci: Pembelajaran Remidial, blog, Gairah Belajar Murid |
id |
IOS3399.13616 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483825443799040 |
score |
17.538404 |