PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

Main Authors: Dalle, Ambo, Samad, Sulaiman, Faisal, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13616/
ctrlnum 13616
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13616/</relation><title>PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH&#xD; BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA&#xD; KABUPATEN BONE</title><creator>Dalle, Ambo</creator><creator>Samad, Sulaiman</creator><creator>Faisal, Muhammad</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya gairah belajar murid di SD Inpres 12/79 Labotto&#xD; Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana&#xD; gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana&#xD; Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto&#xD; Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran remidial&#xD; berpengaruh terhadap gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten&#xD; Bone?&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam&#xD; penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis&#xD; deskriptif dan analisis inferensial.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial&#xD; di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu 1) tes ulang, 2) pemberian&#xD; tugas tambahan, 3) Pembelajaran ulang (penjelasan-penjelasan ulang), 4) belajar mandiri kemudian&#xD; tes, 5) belajar kelompok dengan bimbingan guru dan 6) belajar kelompok dengan bimbingan murid&#xD; yang telah tuntas belajarnya, (ii) gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto&#xD; Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu hasil gairah belajar murid pada pelajaran IPS pada&#xD; kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai rerata sebesar 88,75 dengan nilai&#xD; tertinggi 100 dan nilai terendah 75, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode&#xD; konvensional memiliki nilai rerata sebesar 78,33 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65.&#xD; Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPS pada kedua kelompok di atas,&#xD; maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk gairah belajar murid pada kelompok&#xD; eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada&#xD; perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan&#xD; demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok&#xD; eksperimen yang melaksanakan pembelajaran remidial dengan kelompok kontrol yang tanpa&#xD; melaksanakan pembelajaran remidial.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran Remidial, blog, Gairah Belajar Murid</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf</identifier><identifier> Dalle, Ambo and Samad, Sulaiman and Faisal, Muhammad (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13616</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dalle, Ambo
Samad, Sulaiman
Faisal, Muhammad
title PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE
publishDate 2019
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/13616/1/9.%20JURNAL%20AMBO%20DALLE.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13616/
contents Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya gairah belajar murid di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran remidial berpengaruh terhadap gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu 1) tes ulang, 2) pemberian tugas tambahan, 3) Pembelajaran ulang (penjelasan-penjelasan ulang), 4) belajar mandiri kemudian tes, 5) belajar kelompok dengan bimbingan guru dan 6) belajar kelompok dengan bimbingan murid yang telah tuntas belajarnya, (ii) gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu hasil gairah belajar murid pada pelajaran IPS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai rerata sebesar 88,75 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai rerata sebesar 78,33 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65. Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPS pada kedua kelompok di atas, maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk gairah belajar murid pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen yang melaksanakan pembelajaran remidial dengan kelompok kontrol yang tanpa melaksanakan pembelajaran remidial. Kata kunci: Pembelajaran Remidial, blog, Gairah Belajar Murid
id IOS3399.13616
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483825443799040
score 17.538404