Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Main Authors: | SUNUSI, RASNAWATI NUR R., Tolla, Ismail, Haling, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/13585/ |
ctrlnum |
13585 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13585/</relation><title>Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone</title><creator>SUNUSI, RASNAWATI NUR R.</creator><creator>Tolla, Ismail</creator><creator>Haling, Abdul</creator><subject>PASCASARJANA</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika, mengetahui gambaran kemampuan berinteraksi sebelum dan setelah penerapan pemberian umpan balik, dan
mengetahui pengaruh pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berinteraksi murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan
menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah penerapan metode pemberian umpan balik dan variabel terikat adalah
kemampuan berinteraksi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD
Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang
berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.B 30
orang tidak menggunakan penerapan pemberian umpan balik dan 30 orang
menggunakan penerapan pemberian umpan balik. Teknik pengampilan sampel
diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti
menggunakan instrument angket, lembar observasi, dokumentasi. Hasil peneliti
menunjukkan penerapan metode pembelajaran pemberian umpan balik dalam
pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan kemampuan berinteraksi dalam
pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan
penerapan metode pemberian umpan balik terhadap aktivitas kemampuan berinteraksi
dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone.
Kata Kunci: Penerapan pemberian umpan balik, Kemampuan Berinteraksi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf</identifier><identifier> SUNUSI, RASNAWATI NUR R. and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13585</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUNUSI, RASNAWATI NUR R. Tolla, Ismail Haling, Abdul |
title |
Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone |
publishDate |
2019 |
topic |
PASCASARJANA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/13585/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika, mengetahui gambaran kemampuan berinteraksi sebelum dan setelah penerapan pemberian umpan balik, dan
mengetahui pengaruh pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berinteraksi murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan
menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah penerapan metode pemberian umpan balik dan variabel terikat adalah
kemampuan berinteraksi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD
Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang
berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.B 30
orang tidak menggunakan penerapan pemberian umpan balik dan 30 orang
menggunakan penerapan pemberian umpan balik. Teknik pengampilan sampel
diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti
menggunakan instrument angket, lembar observasi, dokumentasi. Hasil peneliti
menunjukkan penerapan metode pembelajaran pemberian umpan balik dalam
pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan kemampuan berinteraksi dalam
pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo
Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan
penerapan metode pemberian umpan balik terhadap aktivitas kemampuan berinteraksi
dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone.
Kata Kunci: Penerapan pemberian umpan balik, Kemampuan Berinteraksi. |
id |
IOS3399.13585 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483825365155840 |
score |
17.538404 |