Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

Main Authors: SUNUSI, RASNAWATI NUR R., Tolla, Ismail, Haling, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13585/
ctrlnum 13585
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13585/</relation><title>Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone</title><creator>SUNUSI, RASNAWATI NUR R.</creator><creator>Tolla, Ismail</creator><creator>Haling, Abdul</creator><subject>PASCASARJANA</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika, mengetahui gambaran kemampuan berinteraksi sebelum dan setelah penerapan pemberian umpan balik, dan&#xD; mengetahui pengaruh pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berinteraksi murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan&#xD; menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini&#xD; adalah penerapan metode pemberian umpan balik dan variabel terikat adalah&#xD; kemampuan berinteraksi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD&#xD; Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang&#xD; berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.B 30&#xD; orang tidak menggunakan penerapan pemberian umpan balik dan 30 orang&#xD; menggunakan penerapan pemberian umpan balik. Teknik pengampilan sampel&#xD; diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti&#xD; menggunakan instrument angket, lembar observasi, dokumentasi. Hasil peneliti&#xD; menunjukkan penerapan metode pembelajaran pemberian umpan balik dalam&#xD; pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo&#xD; Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan kemampuan berinteraksi dalam&#xD; pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo&#xD; Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan&#xD; penerapan metode pemberian umpan balik terhadap aktivitas kemampuan berinteraksi&#xD; dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan&#xD; Barebbo Kabupaten Bone.&#xD; Kata Kunci: Penerapan pemberian umpan balik, Kemampuan Berinteraksi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf</identifier><identifier> SUNUSI, RASNAWATI NUR R. and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13585</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUNUSI, RASNAWATI NUR R.
Tolla, Ismail
Haling, Abdul
title Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
publishDate 2019
topic PASCASARJANA
url http://eprints.unm.ac.id/13585/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13585/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika, mengetahui gambaran kemampuan berinteraksi sebelum dan setelah penerapan pemberian umpan balik, dan mengetahui pengaruh pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berinteraksi murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian umpan balik dan variabel terikat adalah kemampuan berinteraksi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.B 30 orang tidak menggunakan penerapan pemberian umpan balik dan 30 orang menggunakan penerapan pemberian umpan balik. Teknik pengampilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument angket, lembar observasi, dokumentasi. Hasil peneliti menunjukkan penerapan metode pembelajaran pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan kemampuan berinteraksi dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan penerapan metode pemberian umpan balik terhadap aktivitas kemampuan berinteraksi dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kata Kunci: Penerapan pemberian umpan balik, Kemampuan Berinteraksi.
id IOS3399.13585
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483825365155840
score 17.538404