Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene

Main Author: Irmawati, Ade
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13574/1/Ade.docx
http://eprints.unm.ac.id/13574/
ctrlnum 13574
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13574/</relation><title>Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene</title><creator>Irmawati, Ade</creator><subject>Pend. Teknik Informatika dan Komputer</subject><description>Ade Irmawati. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Abdul Muis Mappalotteng dan Dyah Vitalocca.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang diajarkan tanpa menggunakan E-Learning dengan yang diajarkan menggunakan E-Learning. Serta mengetahui pengaruh pemanfaatan E-Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 majene. Metode penelitian yg digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group desaign dan pendekatan kuantitatif . penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Majene dengan sampel kelas X TKI 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKI 2 sebagai kelompok Kontrol. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari data instrumen angket hasil belajar siswa. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji validitas, realibiltas, normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji t Polled varian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan Hasil Uji T Polled Varian untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Independent Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa diperoleh nilai sig. = 0,165 &gt; &#x3B1;=0,05 yang berarti Ho Diterima.. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang menggunakan dan tidak menggunakan E-Learning Edmodo. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Paired Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. 0,016 lebih kecil dari &#x3B1;=0,05 yang berarti Ho Ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa E-Learning berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13574/1/Ade.docx</identifier><identifier> Irmawati, Ade (2018) Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>13574</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irmawati, Ade
title Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene
publishDate 2018
topic Pend. Teknik Informatika dan Komputer
url http://eprints.unm.ac.id/13574/1/Ade.docx
http://eprints.unm.ac.id/13574/
contents Ade Irmawati. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Abdul Muis Mappalotteng dan Dyah Vitalocca. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang diajarkan tanpa menggunakan E-Learning dengan yang diajarkan menggunakan E-Learning. Serta mengetahui pengaruh pemanfaatan E-Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 majene. Metode penelitian yg digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group desaign dan pendekatan kuantitatif . penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Majene dengan sampel kelas X TKI 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKI 2 sebagai kelompok Kontrol. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari data instrumen angket hasil belajar siswa. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji validitas, realibiltas, normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji t Polled varian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan Hasil Uji T Polled Varian untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Independent Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa diperoleh nilai sig. = 0,165 > α=0,05 yang berarti Ho Diterima.. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang menggunakan dan tidak menggunakan E-Learning Edmodo. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Paired Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. 0,016 lebih kecil dari α=0,05 yang berarti Ho Ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa E-Learning berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS3399.13574
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483825334747136
score 17.538404