Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Engine Schoology di SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene
Main Author: | L., M. Wiratmawanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13552/1/M%20WIRATMAWANTO%20L_.docx http://eprints.unm.ac.id/13552/ |
Daftar Isi:
- M Wiratmawanto L, 1429042046, 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Engine Schoology di SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, Dibimbing oleh Hasrul Bakri dan Mustari S. Lamada. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji e-learning dengan engine Schoology pada Mata Pejaran Bahasa Inggris. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sendana yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan e-learning dengan engine Schoology pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan pengujian validitas yang dilakukan oleh dua orang ahli dinyatakan bahwa produk pengembangan sangat valid dan dapat digunakan dalam uji coba. Hasil pengujian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu uji coba satu-satu dengan rata-rata 132 atau dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 144 atau dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan dengan rata-rata 149 atau dengan kategori sangat baik