Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto

Main Authors: M, Nurhalimah, Sidin, Udin Sidik, Mappalotteng, Abdul Muis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx
http://eprints.unm.ac.id/13545/
ctrlnum 13545
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13545/</relation><title>Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto</title><creator>M, Nurhalimah</creator><creator>Sidin, Udin Sidik</creator><creator>Mappalotteng, Abdul Muis</creator><subject>Pend. Teknik Informatika dan Komputer</subject><description>NURHALIMAH M. 2018. Penerapan model inquiry dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 2 Jeneponto. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Udin Sidik Sidin dan Abdul Muis Mappalotteng.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif dalam model inquiry serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 di SMAN 2 Jeneponto dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis &amp; Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Jeneponto. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan presentasi keanekaragaman hayati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 70%. Persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 79%. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 pada mata pelajaran Biologi.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx</identifier><identifier> M, Nurhalimah and Sidin, Udin Sidik and Mappalotteng, Abdul Muis (2018) Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>13545</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M, Nurhalimah
Sidin, Udin Sidik
Mappalotteng, Abdul Muis
title Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto
publishDate 2018
topic Pend. Teknik Informatika dan Komputer
url http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx
http://eprints.unm.ac.id/13545/
contents NURHALIMAH M. 2018. Penerapan model inquiry dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 2 Jeneponto. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Udin Sidik Sidin dan Abdul Muis Mappalotteng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif dalam model inquiry serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 di SMAN 2 Jeneponto dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Jeneponto. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan presentasi keanekaragaman hayati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 70%. Persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 79%. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 pada mata pelajaran Biologi.
id IOS3399.13545
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483825252958208
score 17.538404