Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto
Main Authors: | M, Nurhalimah, Sidin, Udin Sidik, Mappalotteng, Abdul Muis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx http://eprints.unm.ac.id/13545/ |
ctrlnum |
13545 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13545/</relation><title>Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto</title><creator>M, Nurhalimah</creator><creator>Sidin, Udin Sidik</creator><creator>Mappalotteng, Abdul Muis</creator><subject>Pend. Teknik Informatika dan Komputer</subject><description>NURHALIMAH M. 2018. Penerapan model inquiry dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 2 Jeneponto. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Udin Sidik Sidin dan Abdul Muis Mappalotteng.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif dalam model inquiry serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 di SMAN 2 Jeneponto dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Jeneponto. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan presentasi keanekaragaman hayati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 70%. Persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 79%. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 pada mata pelajaran Biologi.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx</identifier><identifier> M, Nurhalimah and Sidin, Udin Sidik and Mappalotteng, Abdul Muis (2018) Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>13545</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
M, Nurhalimah Sidin, Udin Sidik Mappalotteng, Abdul Muis |
title |
Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto |
publishDate |
2018 |
topic |
Pend. Teknik Informatika dan Komputer |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13545/1/26.%20Skripsi%20Nurhalimah.docx http://eprints.unm.ac.id/13545/ |
contents |
NURHALIMAH M. 2018. Penerapan model inquiry dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 2 Jeneponto. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Udin Sidik Sidin dan Abdul Muis Mappalotteng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif dalam model inquiry serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 di SMAN 2 Jeneponto dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Jeneponto. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan presentasi keanekaragaman hayati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 70%. Persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 79%. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 pada mata pelajaran Biologi. |
id |
IOS3399.13545 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483825252958208 |
score |
17.538404 |