Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Blender 2.79

Main Authors: Ashari, Muh, Ihsan Al, Ruslan, Ruslan, Mustamin, Mustamin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13496/1/Ahsan.docx
http://eprints.unm.ac.id/13496/
Daftar Isi:
  • Muh Ihsan Al Ashari, 1429042014, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Blender 2.79. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Ruslan dan Mustamin. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji validitas serta mengetahui tanggapan responden terhadap Aplikasi media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran Aplikasi Human Skeleton pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan pengujian validitas yang dilakukan oleh dua orang ahli dinyatakan bahwa produk pengembangan sangat valid dan dapat digunakan dalam uji coba. Hasil pengujian dilakukan tiga tahapan yaitu uji coba satu-satu dengan rata-rata 81.3 atau dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81.71 atau dengan kategori baik, dan uji coba lapangan dengan rata-rata 104.7 atau dengan kategori sangat baik.