KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID DI SDN KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

Main Author: Haeri, A.Ummul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13348/1/ARTIKEL%20A.UMMU%20OK.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13348/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran gaya mengajar guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar murid serta mengetahui kontribusi gaya mengajar guru dan motivasi belajar baik secara sendiri maupun secara bersama terhadap prestasi belajar murid di SDN Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto bersifat kuantitatif. Variabel pada penelitian ini yaitu Gaya mengajar guru (X1) dan motivasi belajar (X2) sebagai variable bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variable terikat. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Sampling bertingkat atau bertahap proportional stratified random sampling yang diambil dari 425 murid yang tersebar di 29 SD yang terdiri dari 4 gugus. Data variable diperoleh dengan tehnik angket kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar murid semuanya berada pada kategori baik. Gaya mengajar guru dan motivasi belajar berkontribusi positif yang signifikan secara parsial maupun secara bersama terhadap prestasi belajar murid di SDN Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Kata Kunci: gaya mengajar, motivasi dan prestasi belajar.