PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
Main Author: | FATMAWATI, NOVIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/13304/ |
ctrlnum |
13304 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13304/</relation><title>PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG</title><creator>FATMAWATI, NOVIA</creator><subject>Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial</subject><description>Hasil Penelitian ini bertujuan untuk. a).mengetahui Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo, b).Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan museum Villa Yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil wawancara, Guru IPS SMP Negeri 1 Marioriwawo, siswa SMP Negeri 1 marioriwawo, Pegawai museum villa yuliana. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh oleh penliti. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian iniyaitu dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, kemudian di analisi dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjkkan 1) Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yaitu: a) Museum sebagai tempat pemeliharaan budaya b) Tempat untu membinagenerasi muda c) Museum merupakan cermin untuk kebudayaan setempat d) Membuat manusia penuh kesadaran budaya sebagai alat penunjang pelajaran e) sebagai tempat bersejarah dan penyimpana berbagai macam peninggalan masa lampau 2) Efektivitas pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo a) Memberi pengalaman belajar langsung secara kongkrit kepada peserta didik b) dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru c) dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan d) dapat memperluas cakrawala yang ada di dalam kelas e) dapat mengenalkan berbagai macam benda-benda sejarah melalui museum kepada para pelajar. 

Kata Kunci : Pemanfaatan, Museum, Sumber Belajar, IPS</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf</identifier><identifier> FATMAWATI, NOVIA (2019) PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13304</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FATMAWATI, NOVIA |
title |
PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG |
publishDate |
2019 |
topic |
Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/13304/ |
contents |
Hasil Penelitian ini bertujuan untuk. a).mengetahui Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo, b).Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan museum Villa Yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil wawancara, Guru IPS SMP Negeri 1 Marioriwawo, siswa SMP Negeri 1 marioriwawo, Pegawai museum villa yuliana. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh oleh penliti. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian iniyaitu dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, kemudian di analisi dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjkkan 1) Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yaitu: a) Museum sebagai tempat pemeliharaan budaya b) Tempat untu membinagenerasi muda c) Museum merupakan cermin untuk kebudayaan setempat d) Membuat manusia penuh kesadaran budaya sebagai alat penunjang pelajaran e) sebagai tempat bersejarah dan penyimpana berbagai macam peninggalan masa lampau 2) Efektivitas pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo a) Memberi pengalaman belajar langsung secara kongkrit kepada peserta didik b) dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru c) dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan d) dapat memperluas cakrawala yang ada di dalam kelas e) dapat mengenalkan berbagai macam benda-benda sejarah melalui museum kepada para pelajar.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Museum, Sumber Belajar, IPS |
id |
IOS3399.13304 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-06-12T07:53:05Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483824123641856 |
score |
17.538404 |