PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Main Author: FATMAWATI, NOVIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13304/
ctrlnum 13304
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13304/</relation><title>PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG</title><creator>FATMAWATI, NOVIA</creator><subject>Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial</subject><description>Hasil Penelitian ini bertujuan untuk. a).mengetahui Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo, b).Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan museum Villa Yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil wawancara, Guru IPS SMP Negeri 1 Marioriwawo, siswa SMP Negeri 1 marioriwawo, Pegawai museum villa yuliana. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh oleh penliti. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian iniyaitu dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, kemudian di analisi dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjkkan 1) Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yaitu: a) Museum sebagai tempat pemeliharaan budaya b) Tempat untu membinagenerasi muda c) Museum merupakan cermin untuk kebudayaan setempat d) Membuat manusia penuh kesadaran budaya sebagai alat penunjang pelajaran e) sebagai tempat bersejarah dan penyimpana berbagai macam peninggalan masa lampau 2) Efektivitas pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo a) Memberi pengalaman belajar langsung secara kongkrit kepada peserta didik b) dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru c) dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan d) dapat memperluas cakrawala yang ada di dalam kelas e) dapat mengenalkan berbagai macam benda-benda sejarah melalui museum kepada para pelajar. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Pemanfaatan, Museum, Sumber Belajar, IPS</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf</identifier><identifier> FATMAWATI, NOVIA (2019) PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13304</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FATMAWATI, NOVIA
title PEMANFAATAN MUSEUM VILLA YULIANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI I MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
publishDate 2019
topic Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
url http://eprints.unm.ac.id/13304/1/JURNAL%20SKRIPS%20%28NOVIA%20FATMAWATI%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13304/
contents Hasil Penelitian ini bertujuan untuk. a).mengetahui Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo, b).Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan museum Villa Yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil wawancara, Guru IPS SMP Negeri 1 Marioriwawo, siswa SMP Negeri 1 marioriwawo, Pegawai museum villa yuliana. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh oleh penliti. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian iniyaitu dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, kemudian di analisi dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjkkan 1) Pengembangan pemanfaatan museum villa yuliana siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yaitu: a) Museum sebagai tempat pemeliharaan budaya b) Tempat untu membinagenerasi muda c) Museum merupakan cermin untuk kebudayaan setempat d) Membuat manusia penuh kesadaran budaya sebagai alat penunjang pelajaran e) sebagai tempat bersejarah dan penyimpana berbagai macam peninggalan masa lampau 2) Efektivitas pemanfaatan museum villa yuliana sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo a) Memberi pengalaman belajar langsung secara kongkrit kepada peserta didik b) dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru c) dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan d) dapat memperluas cakrawala yang ada di dalam kelas e) dapat mengenalkan berbagai macam benda-benda sejarah melalui museum kepada para pelajar. Kata Kunci : Pemanfaatan, Museum, Sumber Belajar, IPS
id IOS3399.13304
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-06-12T07:53:05Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:25Z
recordtype dc
_version_ 1764483824123641856
score 17.538404