KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENJAS SISWA SD INPRES BONTO-BONTOA SUNGGUMINASA

Main Author: Misbahuddin, Misbahuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13283/1/JURNAL%20PDF.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13283/
Daftar Isi:
  • Kontribusi Status Gizi Terhadap Motivasi Belajar Penjas Siswa SD Inpres Bonto-Bontoa Sungguminasa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi status gizi terhadap motivasi belajar Penjas siswa SD Inpres Bonto-Bontoa Sungguminasa. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV,V danVI SD Inpres Bonto-Bontoa Sungguminasa yang berjumlah 200 Siswa putra. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sederhana yaitu dengan cara undian, sehingga terpilih sebanyak 30 sampel atau sekitar 15% dari jumlah popiulasi. Teknik pengumpulan data pada tes status gizi terdiri dari dua teknik yakni dengan menggunakan indeks massa tubuh dan mengukur body fat dengan menggunakan body fat monitor. Teknik pengumpulan data pada tes motivasi yaitu menggunakan angket yang dibagikan kepada responden dan instrumen ini diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif serta analisis regresi melalui program SPSS 20 pada taraf signifikan 95% atau α 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat kontribusi status gizi terhadap motivasi belajar penjas siswa SD Inpres Bonto-Bontoa Sungguminasa sebesar 44,6%. Kata Kunci : Kontribusi; Status Gizi; Aktifitas; body fat; Motivasi Belajar; Penjas