EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-7 SMPN 1 MAKASSAR

Main Authors: Anggraeni, Andi Cici, Asdar, Asdar, Djam’an, Nurwati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13182/1/1511440003_ANDI%20CICI%20ANGGRAENI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13182/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar matematika pada aspek kognitif dalam enerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada semester ganjil 2018/2019 dan dipilih 2 kelas eksperimen secara random sebagai sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik inferensial adalah sebagai berikut: (1)tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII, (2) hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model embelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan Pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Pendekatan Saintifik, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik