PEMBELAJARAN ABAD 21: MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Main Author: | Bahri, Arsad |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13167/1/prosiding%20kupang.pdf http://eprints.unm.ac.id/13167/2/Hasil%20Peer%20Review%20Pembelajaran%20abad%2021.pdf http://eprints.unm.ac.id/13167/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran sains diharapkan tidak hanya dapat menambah pengetahuan kognitif, tetapi juga memberdayakan keterampilan berpikir dan mengembangkan karakter peserta didik. Pemberdayaan keterampilan berpikir dan pengembangan karakter menjadi tuntutan pembelajaran abad 21. Keterampilan berpikir termasuk di dalamnya keterampilan metakognitif, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan lainya. Keterampilan-keterampilan tersebut mendukung empat pilar kehidupan yang mencakup learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Melalui inovasi pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher- centered), konstruktivistik, kontekstual, pemanfaatan berbagai sumber belajar, dan kolaboratif, peserta didik akan menguasai keterampilan abad 21 dan berkarakter. Dengan menguasai keterampilan-keterampilan dan berkarakter, maka diharapkan peserta didik dapat meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Kata kunci: pembelajaran abad 21, keterampilan berpikir, metakognisi, berpikir kritis, karakter