HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SDN DI KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Main Author: DALFIANA, DALFIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13062/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13062/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi kerja, kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar (2) hubungan antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar (3) hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar (4) hubungan antara motivasi kerja dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru kelas SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar dengan sampel berjumlah 95 guru yang diambil dari secara proportional random sampling Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi kerja dan kompetensi pedagogik guru berada pada kategori sedang dan prestasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Terdapat hubungan antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Terdapat berhubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Terdapat hubungan antara motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik SDN di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Kata kunci: motivasi kerja, kompetensi pedagogik, prestasi belajar