PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR

Main Author: Riskayanti, Riskayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13057/1/Artikel%20%28riskayanti%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13057/
ctrlnum 13057
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13057/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR</title><creator>Riskayanti, Riskayanti</creator><subject>PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) Memperoleh gambaran penerapan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (2) Memperoleh gambaran motivasi belajar dengan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (3) Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (4) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Teknik analisis data diperoleh statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI berada pada kategori &#x201C;baik&#x201D;. (2) Gambaran motivasi belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dapat dilihat pada data motivasi awal dan akhir peserta didik memiliki perbedaan persentase nilai kelas yang diberi perlakuan yang dalam kategori memiliki motivasi &#x201C;sangat tinggi&#x201D;. (3) Gambaran hasil belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL mengalami peningkatan hasil belajar. (4) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS peserta didik dengan hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13057/1/Artikel%20%28riskayanti%29.pdf</identifier><identifier> Riskayanti, Riskayanti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13057</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Riskayanti, Riskayanti
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR
publishDate 2019
topic PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/13057/1/Artikel%20%28riskayanti%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13057/
contents Penelitian ini bertujuan (1) Memperoleh gambaran penerapan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (2) Memperoleh gambaran motivasi belajar dengan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (3) Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (4) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Teknik analisis data diperoleh statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI berada pada kategori “baik”. (2) Gambaran motivasi belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dapat dilihat pada data motivasi awal dan akhir peserta didik memiliki perbedaan persentase nilai kelas yang diberi perlakuan yang dalam kategori memiliki motivasi “sangat tinggi”. (3) Gambaran hasil belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL mengalami peningkatan hasil belajar. (4) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS peserta didik dengan hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar
id IOS3399.13057
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:42Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:42Z
recordtype dc
_version_ 1764483823294218240
score 17.538404