Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone

Main Author: Dewi, A.Gustania Rita Sartika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12905/1/gustania.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12905/
ctrlnum 12905
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/12905/</relation><title>Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone</title><creator>Dewi, A.Gustania Rita Sartika</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; A.Gustania Rita Sartika Dewi. 2018. Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Tawany Rahamma, M.A. dan Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd)&#xD; &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (2) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (3) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (4) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah pengasuhan orangtua dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 152 orang. Tahapan pengambilan sampel yang pertama digunakan dengan menggunakan teknik random sampling, tahapan ini bertujuan untuk menentukan nama-nama sekolah yang akan dijadikan sampel penelitian. Tahapan pengambilan sampel yang kedua digunakan teknik purposive sampling, menetapkan kelas V sebagai unit sampel. Alasan pengambilan sampel pada siswa kelas V dengan pertimbangan bahwa siswa kelas V telah mendapatkan pengasuhan orangtua selama 11 tahun, kemudian siswa kelas V dapat, mengenali motivasi belajar dan prestasi belajar yang dimilikinya.&#xD; Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat persepsi pengasuhan orangtua dan tingkat motivasi belajar siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan prestasi belajar (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.&#xD; &#xD; Kata Kunci: persepsi pengasuhan orangtua, motivasi belajar, prestasi belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/12905/1/gustania.pdf</identifier><identifier> Dewi, A.Gustania Rita Sartika (2018) Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>12905</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi, A.Gustania Rita Sartika
title Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
publishDate 2018
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/12905/1/gustania.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12905/
contents ABSTRAK A.Gustania Rita Sartika Dewi. 2018. Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Tawany Rahamma, M.A. dan Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd) Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (2) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (3) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (4) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah pengasuhan orangtua dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 152 orang. Tahapan pengambilan sampel yang pertama digunakan dengan menggunakan teknik random sampling, tahapan ini bertujuan untuk menentukan nama-nama sekolah yang akan dijadikan sampel penelitian. Tahapan pengambilan sampel yang kedua digunakan teknik purposive sampling, menetapkan kelas V sebagai unit sampel. Alasan pengambilan sampel pada siswa kelas V dengan pertimbangan bahwa siswa kelas V telah mendapatkan pengasuhan orangtua selama 11 tahun, kemudian siswa kelas V dapat, mengenali motivasi belajar dan prestasi belajar yang dimilikinya. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat persepsi pengasuhan orangtua dan tingkat motivasi belajar siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan prestasi belajar (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci: persepsi pengasuhan orangtua, motivasi belajar, prestasi belajar.
id IOS3399.12905
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:39Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:39Z
recordtype dc
_version_ 1764483822622081024
score 17.538404