KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MAKASSAR

Main Author: Aliah, Ros
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12819/1/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12819/
ctrlnum 12819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/12819/</relation><title>KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MAKASSAR</title><creator>Aliah, Ros</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Andriani E., 2014. &#x201C;Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo&#x201D;. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Enung Mariah dan Syamsudduha. &#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, (2) kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, dan (3) membuktikan perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo yang berjumlah 234 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII D yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas kontrol memeroleh nilai rata-rata 67,35 dan siswa kelas eksperimen memeroleh nilai rata-rata 74,35. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai th &gt; tt, berarti Ha diterima. Berdasarkan analaisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu diharapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis teks berita dengan dikemas lebih kreatif dan inovatif. &#xD; &#xD; Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, menulis, teks berita</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/12819/1/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><identifier> Aliah, Ros (2016) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MAKASSAR. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>12819</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aliah, Ros
title KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MAKASSAR
publishDate 2016
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/12819/1/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12819/
contents ABSTRAK Andriani E., 2014. “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Enung Mariah dan Syamsudduha. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, (2) kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, dan (3) membuktikan perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo yang berjumlah 234 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII D yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas kontrol memeroleh nilai rata-rata 67,35 dan siswa kelas eksperimen memeroleh nilai rata-rata 74,35. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai th > tt, berarti Ha diterima. Berdasarkan analaisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu diharapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis teks berita dengan dikemas lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, menulis, teks berita
id IOS3399.12819
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:36Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:36Z
recordtype dc
_version_ 1764483774011146240
score 17.538404