PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBI(PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA PESERTA DIDIKKELAS XD1 SMK NEGERI 1 PAREPARE

Main Authors: Fatmi, Nur Aziza, Arsyad, Muhammad, Helmi, Helmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12641/1/Artikel%20Nur%20Aziza%20Fatmi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/12641/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Parepare melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)Berbantuan Media Powerpoint pada materi gaya, usaha, dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XD1 SMK Negeri 1 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019sebanyak 20 orang peserta didik, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, Siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan Siklus II juga sebanyak 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar fisika dan angket minat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Secara kuantitatif nilai rata-rata minat belajar yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan sebesar 15,45% yaitu dari 64,23% (kategori cukup berminat) pada siklus I meningkat menjadi 79,68% (kategori berminat) pada siklus II. Untuk hasil belajar fisika mengalami peningkatan sebesar 13,40% yaitu dari 69,40% (kategori kurang) pada siklus I meningkat menjadi 82,00 % (kategori cukup) pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah sebanyak 10 orang (50%) yang tuntas sementara pada siklus II yang tuntas sebanyak 17 orang (85%) dari 20 peserta didik. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Instruction, Hasil Belajar, dan Minat Belajar