ANALISIS PEMASARAN JERUK PAMELO DI KELURAHAN ATTANGSALO KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP

Main Author: SAAD, HAERIYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/12254/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran jeruk pamelo dalam meningkatkan hasil penjualan di Kelurahan Attangsalo Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Teknik pengambilan sampel untuk petani dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Simple Random Sampling (acak) dengan mengambil 10% dari jumlah populasi sehingga petani sampel 50 orang, dan untuk sampel pedagang dengan menggunakan metode Snowball Sampling yaitu dengan cara menelusuri penjualan dan pembelian jeruk pamelo, mulai dari produsen sampai konsumen akhir berdasarkan informasi yang diberikan produsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada saluran pemasaran II yang dimana saluran pemasarannya terdiri dari Petani Pedagang Pengecer Konsumen (2) Fungsi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan hasil penjualan jeruk yaitu penjualan, penyimpanan, transportasi, pembiayaan, penanggungan resiko, informasi pasar dan pengepakan. (3) Efisiensi pemasaran dari kedua saluran pemasaran yang ada di Kelurahan Attangsalo Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep maka saluran pemasaran II adalah saluran pemasaran jeruk pamelo paling efisien karena memiliki marjin pemasaran terendah dan memiliki nilai Farmer’s Share tertinggi. Kata Kunci : Analisis Pemasaran, Jeruk Pamelo