KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BISAPPU KABUPATEN BANTAENG
Main Author: | Sita, Ayu Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/12101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bisappu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan maksud mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran peta pikiran dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bissapu Kabupaten Bantaeng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bissapu Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 231 siswa. Penarikan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian dua kelas, masing-masing kelas berjunlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yakni tes penugasan menulis teks eksposisi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran peta pikiran efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bissappu Kabupaten Bantaeng yaitu dari 26 siswa, 19 siswa (73,08%) yang memperoleh nilai 75 ke atas