TUDENTS’ STRATEGIES IN REDUCING ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH PERFORMANCE STRATEGI SISWA DALAM MENGURANGI KECEMACAN DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS
Main Author: | DUMARNI, SITTI ASMIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/12009/1/Thesis%20PDF.pdf http://eprints.unm.ac.id/12009/ |
Daftar Isi:
- , 2018. Strategi Siswa dalam Mengurangi Kecemasan dalam Berbicara Bahasa Inggris di SMU AL-FITYAN Gowa. (Dibimbing oleh H. Haryanto dan Syarifuddin Dollah) Kecemasan adalah kondisi psikiatri yang diliputi kekhawatiran dan ketakutan akan apa yang mungkin terjadi. Gambaran umum kecemasan adalah perasaan tertekan, tidak nyaman dan kacau dengan banyak penyesalan. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan efek kecemasan kemudian menginvestigasi strategi untuk mengurangi kecemasan. Penelitian ini dilakukan untuk Siswa pembelajar bahasa asing di SMA Al-Fityan Gowa. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Lebih khusus lagi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, perekaman, dan wawancara. Peneliti melakukan observasi menggunakan perangkat perekam video dan catatan lapangan. Rekaman video digunakan untuk merekam aktivitas dan penampilan siswa dalam berbicara. Sementara itu, catatan lapangan digunakan untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Temuan menunjukkan bahwa ada empat aspek kecemasan (i) khawatir karena kemampuan mereka tidak bisa memuaskan, (ii) gugup karena faktor demam panggung, (iii) takut karena takut melakukan kesalahan, dan (vi) malu karena takut menjadi ditertawakan atau dipermalukan dengan penampilan mereka. Selanjutnya, Efek kecemasan adalah (i) penurunan penguasaan materi, (ii) melupakan materi atau kosong, (iii) kurang kefasihan, (vi) pencapaian yang tidak memuaskan. Selanjutnya, peneliti mengklasifikasikan strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengurangi kecemasan mereka dalam berbicara kinerja bahasa Inggris ke dalam sejumlah kategori sebagai berikut: (i) relaksasi, (ii) berpikir positif, (iii) Persepsi sejawat, (vi) bantuan instrumental dan (v) menghibur diri.