KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Main Author: DIKMALIYANI SUL, A. TENRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11954/1/ARTIKEL%20TENRY.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11954/
ctrlnum 11954
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11954/</relation><title>KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR</title><creator>DIKMALIYANI SUL, A. TENRI</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan model picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model Jigsaw terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (3) Untuk membuktikan keefektifan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik unjuk kerja . Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakniAnalisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 4 Makassar dengan menggunakan model jigsaw pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 66,6. (2) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP4 SMK Negeri 4 Makassar Makassar dengan menggunakan model picture and picture pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 82. (3) Model picture and picture efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar Makassar. Melalui rumus uji t, diperoleh thitung&gt; ttabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= 9.220( ) dan ttabel ( 1,66) . Oleh karena itu nilai thitung&gt; ttabel, maka hipotesis penelitian (H1) diterima. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SPSS nilai P= (0,243). Oleh kerena itu nilai P&gt;&#x251;, maka hipotesis penelitian (H1) diterima dan ( H0) ditolak. Jadi, ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model picture and picturedengan kelas yang menggunakan modeljigsaw. Kata Kunci: Eksperimen, Kontrol, Keefektifan, Model Picture and Picture, Menulis, Teks CeritaPendek.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11954/1/ARTIKEL%20TENRY.pdf</identifier><identifier> DIKMALIYANI SUL, A. TENRI (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>11954</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DIKMALIYANI SUL, A. TENRI
title KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR
publishDate 2018
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/11954/1/ARTIKEL%20TENRY.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11954/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan model picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model Jigsaw terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (3) Untuk membuktikan keefektifan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik unjuk kerja . Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakniAnalisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 4 Makassar dengan menggunakan model jigsaw pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 66,6. (2) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP4 SMK Negeri 4 Makassar Makassar dengan menggunakan model picture and picture pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 82. (3) Model picture and picture efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar Makassar. Melalui rumus uji t, diperoleh thitung> ttabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= 9.220( ) dan ttabel ( 1,66) . Oleh karena itu nilai thitung> ttabel, maka hipotesis penelitian (H1) diterima. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SPSS nilai P= (0,243). Oleh kerena itu nilai P>ɑ, maka hipotesis penelitian (H1) diterima dan ( H0) ditolak. Jadi, ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model picture and picturedengan kelas yang menggunakan modeljigsaw. Kata Kunci: Eksperimen, Kontrol, Keefektifan, Model Picture and Picture, Menulis, Teks CeritaPendek.
id IOS3399.11954
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:17Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:17Z
recordtype dc
_version_ 1764483770775240704
score 17.538404