Motivasi Bersekolah Pekerja Anak Di Perkebunan Sawit Kecamatan Bulutaba Kabupaten Mamuju Utara

Main Author: I SUGIANTI, SR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11913/1/JURNAL%20SRI%20SUGIANTI%20FIS%20PEND.SOS.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11913/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Sosiologi FIS-UNM ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Motivasi Intrinsik Pekerja Anak yang melakukan kegiatan bersekolah danbekerjadi perkebunan sawit. 2)Motivasi Ekstrinsik Pekerja Anak yang melakukan kegiatan bersekolah danbekerjadi perkebunan sawit. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun mengenai informan pada penelitian ini terdiri dari 11 orang informan yang di pilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu 1) Pekerja anak yang bersekolah di kecamatan BuluTaba Kabupaten Mamuju Utara, 2) Masih sebagai siswa-siswi di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Intrinsik Pekerja anak yang melakukan kegiatan bersekolah dan bekerja di perkebunan sawit Kecamatan Bulutaba yaitu; adanya kesadaran dalam dirinya untuk tetap bersekolah dan belajar, menuntut ilmu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.sedangkan bekerja merupakan pilihan mereka sendiri untuk sedikit meringatkan beban orang tuannya membiayai kebutuhan mereka.2) Motivasi Eksternal pekerja anak melakukan kegiatan bersekolah dan bekerja di perkebunan sawit: a) Keadaan ekonomi keluarga yang tidak mampu atau bisa di sebut miskin, b) Orang tua faktor yang berperan penting untuk membiayai pendidikan anaknya selain memenuhi kebutuhan materi anak, orang tua juga perlu memberikan perhatian dan nasehat kepada anaknya mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh untuk di lakukan.c) budaya, d)hubungan kelurga.