Survei Sarana dan Prasarana Penjas Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar
Main Authors: | IRZAN, AHMAD, Arfanda, Poppy Elisano, Badaru, Benny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11734/1/JURNAL12.pdf http://eprints.unm.ac.id/11734/ |
Daftar Isi:
- ., 2018. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Pembimbing dan Pembimbing II . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ketersediaan sarana dan prasarana penjas sudah memadahi proses pembelajaran penjas dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MAN 1 MAKASSAR. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan subjek penelitian yaitu sarana dan prasarana olahraga MAN 1 Makassar.Adapun hasil persentase rata – rata keseluruhan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di MAN 1 Makassar yaitu dengan cara menjumlahkan rata-rata masing-masing cabang olahraga di bagi jumlah cabang olahraga. Sehingga dapat ditentukan bahwa rata-rata sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di MAN 1 Makassar adalah 70,8% dengan kategori “ideal” untuk proses pembelajaran penjas sesuai dengan kurikulum 2013. Dari 8 prasarana, sudah tersedia 5 sarana dan prasarana yangtergolong ideal sampai ideal sekali yaitu cabang olahraga Bulutangkis 90%, Futsal 100%,Bola Basket 83,3% Tenis Meja 87,5% dan Bola Voli 62,5%, serta 3 sarana dan prasarana tergolongsedang bahkan kurang dari standar diantaranya Senam 50%, Atletik 60,2% dan Sepak bola 33,3%.Sesuai hasil penelitian ini, Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar Sudah ideal dalam penegembangan diri siswa khususnya dalam mata pelajaran penjas dalam pelaksanaan kurikulum 2013.