Bentuk Interaksi Sosial Guru Dalam Mengajar Dan Membimbing Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Arnadya Makassar

Main Authors: Rahman, Sri Anggraeni, Hasni, Hasni, Sunusi, Syamsul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11678/1/JURNAL%20SRI%20ANGGRAENI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11678/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: (1) Bentuk interaksi mengajar guru pada siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Arnadya Makassar. (2) Cara guru dalam membimbing siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Amadya Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah dan orang tua siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Amadya Makassar serta wawancara dengan mengkaji dokumentasinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Bentuk interaksi mengajar guru pada siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Arnadya Makassar ada dua bentuk yaitu (1) kerja sama, dari bentuk kerja sama tersebut dapat dilakukan melalui kerja bakti untuk menciptakan suasana yang akrab dengan cara melakukan komunikasi antara guru dan siswa. (2) akomodasi, pemberian akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Dengan beberapa bentuk interaksi tersebut yang dilakukan oleh guru membawa perubahan yang baik pada siswa. (2) Cara guru dalam membimbing siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Arnadya Makassar yaitu belajar dengan gambar, menggunakan bahasa sederhana, mengenali bakat, dan memberikan motivasi. Dari cara ini erkembangan siswa meningkat karena guru sangat kreatif dan trampil dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa senang dan memusatkan perhatiannya untuk mengikuti proses pembelajaran.