Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng

Main Author: Ruslan, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11629/1/artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11629/
ctrlnum 11629
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11629/</relation><title>Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah &#xD; Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng</title><creator>Ruslan, Muhammad</creator><subject>Penelitian dan evaluasi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng, yang meliputi empat aspek yaitu &#xD; perencanaan, pemantauan, penilaian, dan pembinaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan &#xD; deskriptif.. Subjek penelitian adalah pengawas SMA di Kabupaten Bantaeng. Adapun informan yang memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah adalah guru PNS di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng. Data dikumpulkan dengan &#xD; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah bagi guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng pada aspek perencanaan telah terlaksana pada setiap indikator yakni pengawas sekolah telah membuat program perencanaan supervisi, membuat dan &#xD; menyampaikan jadwal kunjungan supervisi, dan memiliki istrumen berupa lembar observasi pelaksanaan supervisi di sekolah binaan. Pada aspek pemantauan telah terlaksana pada indikator pemantauan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil &#xD; penilaian peserta didik. Kemudian pada aspek penilaian telah dilaksanakan oleh pengawas &#xD; sesuai dengan instrumen penilaian yang digunakan yakni pada indikator penilaian &#xD; keterampilan guru menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, &#xD; menggunakan media dan TIK, dan menilai hasil belajar peserta didik. Namun, Pada aspek pembinaan belum berjalan secara maksimal pada enam sekolah yang ada di Kabupaten Bantaeng karena saat pelaksanaan supervisi pengawas hanya memberikan arahan belum pada kapasitas membimbing secara khusus terutama pada aspek pembinaan analisis butir soal, pengolahan data hasil penilaian, dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). &#xD; &#xD; Kata kunci : Supervisi akademik, Pengawas sekolah, Pelaksanaan supervisi akademik</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11629/1/artikel.pdf</identifier><identifier> Ruslan, Muhammad (2018) Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>11629</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ruslan, Muhammad
title Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng
publishDate 2018
topic Penelitian dan evaluasi
url http://eprints.unm.ac.id/11629/1/artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11629/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng, yang meliputi empat aspek yaitu perencanaan, pemantauan, penilaian, dan pembinaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.. Subjek penelitian adalah pengawas SMA di Kabupaten Bantaeng. Adapun informan yang memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah adalah guru PNS di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah bagi guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri Kabupaten Bantaeng pada aspek perencanaan telah terlaksana pada setiap indikator yakni pengawas sekolah telah membuat program perencanaan supervisi, membuat dan menyampaikan jadwal kunjungan supervisi, dan memiliki istrumen berupa lembar observasi pelaksanaan supervisi di sekolah binaan. Pada aspek pemantauan telah terlaksana pada indikator pemantauan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil penilaian peserta didik. Kemudian pada aspek penilaian telah dilaksanakan oleh pengawas sesuai dengan instrumen penilaian yang digunakan yakni pada indikator penilaian keterampilan guru menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menggunakan media dan TIK, dan menilai hasil belajar peserta didik. Namun, Pada aspek pembinaan belum berjalan secara maksimal pada enam sekolah yang ada di Kabupaten Bantaeng karena saat pelaksanaan supervisi pengawas hanya memberikan arahan belum pada kapasitas membimbing secara khusus terutama pada aspek pembinaan analisis butir soal, pengolahan data hasil penilaian, dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kata kunci : Supervisi akademik, Pengawas sekolah, Pelaksanaan supervisi akademik
id IOS3399.11629
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:12Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:12Z
recordtype dc
_version_ 1764483769524289536
score 17.538404