Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi
Main Authors: | Bahri, Arsad, Putriana, Devi, Idris, Irma Suryani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11596/1/4%20Arsad%20Bahri%20114-124.pdf http://eprints.unm.ac.id/11596/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan pemecahan masalah biologi pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran biologi konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 12 Luwu kelas XII IPA yang dipilih secara random sampling. Data dianalisis dengan uji ancova. Hasil analisis data menunjukkan nilai p ≤ α 0,05 (p=0,010) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah biologi antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model PBL dan model Direct Instruction. Hasil keterampilan pemecahan masalah biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran perlu disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan sehingga pembelajaran lebih efektif. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran biologi. ABSTRACT This research aims to determine the comparison of student’s biological problemsolving skill that learned problem-based learning model with direct instructions model on biology subjects the concept of growth and development of plant. This research used a quasi-experimental non-equivalent control group design. This research samples is student of SMAN 12 Luwu class XII IPA selected by random sampling. Data analyzed by ancova test. Data analysis result show value p ≤ α 0,05 (p=0,010) indicating that there are difference of biological problem-solving skill which learned with PBL model and direct instruction model. Result of student’s biological problem-solving skill which learned with PBL model higher compared with learned use direct instruction model. The use of problem-based learning model on the learning activity needed to suitability with the study until learning more effective.mmmmmmmmmmmmmmmmmm Keywords: problem-based learning, problem-solving skill, biological learning model.