Teaching Thinking: Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa melalui PBLRQA (Integrasi Problem-based Learning dan Reading, Questioning, & Answering)
Main Authors: | Bahri, Arsad, Idris, Irma Suryani |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11573/1/Prosiding%20semnas%20lemlit.pdf http://eprints.unm.ac.id/11573/ |
Daftar Isi:
- Abstrak - Selama ini, proses perkuliahan sebagian besar masih berorientasi pada penguasaan konsep dan belum mengupayakan untuk pemberdayaan keterampilan metakognitif mahasiswa. Hal ini berimplikasi terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah karena belum terlatih menjadi self-regulated learner. Dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan di atas. Strategi yang dianggap tepat untuk diterapkan adalah strategi Problem Based Learning (PBL) dan Reading Questioning and Aswering (RQA). Strategi RQA dapat diintegrasikan ke dalam strategi PBL (selanjutnya disebut PBLRQA) agar RQA dapat menutupi kekurangan dari PBL. Strategi RQA mampu “memaksa” mahasiswa membaca materi sebelum masuk kelas sehingga mereka memiliki pengetahuan awal yang akan diperlukan untuk memecahkan masalah dalam PBL. Strategi PBLRQA berpotensi untuk memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui sintaks pembelajarannya. Kata kunci: Problem-based Learning, Reading Questioning Answering, keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir