Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Murid Kelas V SD Inpres Batua I Makassar

Main Authors: Rizal, Rizal, syahruddin, syahruddin, Rizal, M, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11564/1/ARTIKEL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11564/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada murid kelas V SD Inpres Batua I Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dimana murid kelas V berjumah 32 orang terdapat murid laki-laki sebanyak 15 orang dan murid perempuan sebanyak 17 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Dimana setiap siklus masing-masing 2 pertemuan serta dirancang melalui 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan, dan Refleksi. Kemudian, aspek yang diamati pada proses pembelajaran yaitu Psikomotorik, Afektif, Dan Kognitif. Pada saat ingin memulai penelitian sebelumnya melakukan Observasi Awal dan data yang diperoleh secara Deskriptif dengan menggunakan teknik presentase ketuntasan belajar dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan murid pada (Prasiklus) hanya 1 murid yang tuntas dengan presentase 3,12%, (siklus I) ada 11 murid yang tuntas denganp resentase 34,37%, (siklus 2) Ada 27 murid yang tuntas dengan presentase 84,37%. Jadi kesimpulannya, dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli murid kelas V SD Inpres Batua I Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dapat meningkat secara signifikan. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar BolaVoli, Model pembelajaran Kooperatif.