Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar
Main Authors: | ULFAH, RESKI NADIA, Azis, Muhammad, Idris, Hariany |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11523/1/JURNAL_RESKI%20NADIA%20ULFAH_1292040020_PEND.AKUNTANSI%20S1.pdf http://eprints.unm.ac.id/11523/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi sosial guru (X), dan prestasi belajar siswa (Y) yang diukur menggunakan Skala Guttman. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 135 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Ŷ=60,784+1,145X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai kompetensi sosial guru, maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 1,145 satuan. Hasil korelasi product moment ( r ) diperoleh sebesar 0,547 atau sebesar 54,7 %. Menunjukkan hubungan antara kompetensi sosial guru dengan prestasi belajar dalam kategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kata kunci: Kompetensi Sosial Guru, Prestasi Belajar