Pengembangan Panduan Permainan Kewirausahaan Berbasis Multimedia Digital Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Main Authors: | Jufri, Muhammad, Ahmad, Ahmad, Zainuddin, Kurniati |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11512/1/Lap.%20Penellitian%20Pengembangan%20Panduan%20Permainan%20.pdf http://eprints.unm.ac.id/11512/2/PEER%20REVIEWER%20PENELITIAN%20UNGGULAN%202015.pdf http://eprints.unm.ac.id/11512/ |
Daftar Isi:
- Ringkasan:Tujuan umum penelitian adalah mengembangkan sebuah panduan permainan kewinusahaan berbasis multimedia digital untuk anak-anat di tahap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu oleh beberapa ahli telah terbukti bahwa internalisasi jiwa kewirausahaan dapat dilakukar sejak usia dini selain itu juga ditunjukkan oleh beberapa hasil penelitian bahwa bermain adalah proses internalisasi jiwa kewirausahaan yang terbukti efektif Di lain pihak, budaya di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat memiliki kekayaan berbagai permainan tradisional. Permainan-permainan tradisional ini yarlg kemudian oleh peneliti ditelusuri urtuk selanjutnya didokumentasikan. Dalam rangka mengumpulkan informasi mengenai permainan-permainan tersebut, peneliti memanfaatkan dua sumber yakni informasi empiris dari masyarakat dan literatur-literatur tertulis yang tersedia. Metode penelitian yang terapkan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan pada dua tahun arggaran penelitian (2015-2016). Penelilian ditahun kedua ini akan mengukur bagaimana kemampuan guru/pendidik dalam menerapkan permainan kewirausahaan, Bagaimana anak dalam menjalankan prosedur permainan dan penghayatan dalam setiap aktifitas bermainan serta Perubahan sikap dan prilaku anak usia dini yaog mencerminkan aspek-aspek kewirausahaan. Dalam mengukur kemampuan guru/pendidik dalam menerapkan permainan dilakukan menggunakan dua buah instrumen yaitu Instrumen observasi guru dan Angket respon guru, yang dilakuan pada delapan omng guru PAUD di kelompok B. sedangkan untuk menguji efektifitas panduan permainan kewirausahaan berbasis multimedia digital pada anak, maka dilakukan uji coba pada 20 orang subjek, dimana 20 subjek ini rnemainkan 8 permainan kewirausahaan, dimana dilakukan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji T dengan desain penelitian pretest dan postest one group design di tiap masing-masing permainan. Hasil Penelitian menunjuklan bahwa kedelapan permainan efektif dalam mengintenalisasi jiwa-jiwa kewirausahaan diamana dari hasil uji T denga taraf sig|ifikansi 0.05, semua Ho ditiap permainan ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara pretest dan postest, sehingga diambil kesimpulal panduan permainan kewirausahaan berbasis multimedia digital efektif dalam mangintemalisasl jiwa-jiwa kewirausahaan pada anak usia dini.