PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAS MAKASSAR RAYA
Main Authors: | Sholihati, Al Maratun, Sulastry, Taty, Hasri, Hasri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11472/1/ARTIKEL%20TESIS.pdf http://eprints.unm.ac.id/11472/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terintegrasi model pembelajaran generatif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Menggunakan desain Pretest –Postest Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya. Sampel diperoleh secara random sampling dan terpilih kelas XA IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB IPA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 69,6 dengan standar deviasi 13,24 dan 50,8 dengan standar deviasi 13,1. Rata-rata nilai N-gain indikator keterampilan proses sains sebesar 0,622 dan 0,444 berada pada kategori sedang. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terintegrasi model pembelajaran generatif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: STAD teintegrasi generatif, keterampilan proses sains, hasil belajar, elektrolit dan non elektrolit.