MEWUJUDKAN GENERASI PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN EKONOMT BERKARAKTER ECO-CULTURE
Main Authors: | RAHMATULLAH, RAHMATULLAH, Inanna, Inanna |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11438/1/PROSIDING%20NASIONAL%20DIES%20NATALIS%20KE%2056%20UNM.pdf http://eprints.unm.ac.id/11438/4/PEER%20REVIEWER%20PROSIDING%20PENDIDIKAN%20BERKUALITAS.pdf http://eprints.unm.ac.id/11438/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Pembelajaran ekonomi berkarakter eco-culture bertujuan unutk memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya nilai-nilai peduli lingkungan dalam berbagai aktifitas ekonomi. Hal ini memberi pesan bahwa aktifitas ekonomi masyarakat tidk terpisahkan dengan permasalahan lingkungan. Disinilah pentingnya pemahaman eco-culture sehingga terwujud generasi yang memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Metode yang digunakan adalah penelitian mengembangkan dengan mengacu pada model pendekatan sistem menurut Dick & Carey. Adapun tahapan kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini, diawali dengan melakukan kajian awal atau analisis kebutuhan, pengembangan produk dan validasi, melakukan uji coba produk, serta analisis dan evaluasi hasil uji coba. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis isi dan analisis deskriptif. Dari hasil kajian dan pengembangan produk, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar ekonomi berkarakter eco-culture layak digunakan untuk tahap uji coba lapangan dan dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Kata kunci : pembelajaran ekonomi, karakter eco-culture, kesadaran lingkungan