PENGARUH STATUS SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SD 25 MADELLOKABUPATEN SOPPENG
Main Author: | HARDIYANTI, A. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11429/1/ARTIKEL%20A%20HARDIYANTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/11429/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah status sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SD 25 Madello Kabupaten Soppeng. (2) Untuk mengetahui apakah kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SD 25 Madello Kabupaten Soppeng. (3) Untuk mengetahui apakah status sosial dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SD 25 Madello Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini siswa kelas III, IV dan V SD 25 Madello Kabupaten Soppeng yang berjumlah 106 siswa dan 106 orangtua siswa.Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuanyang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian siswa yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi.Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang positif antara status sosial dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V SD 25 Madello Kabupaten Soppeng.Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V SD 25 Madello Kabupaten Soppeng.Ketiga,terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara status sosial dan kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV, dan V SD 25 Madello Kabupaten Soppeng. Kata kunci:Status sosial, kondisi ekonomi orang tua, dan prestasi belajar IPS