KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGIDENTIFIKASI ALUR CERITA DAN KONFLIK DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENE
Main Author: | ERNAWATI, ERNAWATI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Penerbit UNM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11315/1/Ernawati_Keefektifan%20Media.pdf http://eprints.unm.ac.id/11315/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Keefektifan media audio visual dalam mengidentifikasi alur dan konflik drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene, yang jumlah siswa sebanyak 187 orang yang terdiri atas 86 siswa dan 101 siswi. Sampel pada penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas eksperimen berjumlah 28 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel acak sederhana. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis. Penelitian ini membandingkan hasil perlakuan kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual maupun kelompok control yang menggunakan media audio dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa kelompok yang menggunakan media audio visual memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan media audio. Hasil analisis dengan uji t terbukti bahwa media audio visual efektif digunakan dalam mengidentifikasi alur dan konflik drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene, Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukan bahwa terhitung sebesar 67.87% yang mencapai Standandar KKM dari kelas control dan kelas eksperimen mencapai Standandar KKM 100%. maka ada perbedaan signifikan antara kelas yang menggunakan media audio dengan kelas yang menggunakan media audio visual. Hal ini membuktikan bahwa media audio visual efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi alur dan konflik drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene, Kabupaten Majene. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Majene Kabupaten Majene untuk menerapkan media audio visual pada pembelajaran menulis khususnya mengidentifikasi alur dan konflik drama. Kata Kunci : Keefektifan, Media, Audio Visual, Pembelajaran Drama