Dampak experiential learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman mahasiswa di perguruan tinggi

Main Authors: saud, syukur, saleh, nurming, Asnur, Muhammad Nur Ashar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit UNM , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11308/1/Syukur%20Saud_Dampak%20Expriental.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11308/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa asing merupakan salah satu tolak ukur terpenting dalam penguasaan Bahasa. Seseorang dapat dikatakan mampu berbahasa asing apabila mereka telah terampil berbicara Bahasa asing dengan baik. Dengan demikian aspek keterampilan berbicara sangat penting untuk diinvestigasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak proses pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman sebagai bahasa asing pada mahasiswa di perguruan tinggi melalui experiential learning sebagai solusi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi lapangan di Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra UNM. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tesebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential learning merupakan sebuah model yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman sebagai asing. Konsep pelaksanaan yang menerapkan concrete experience, reflective observation, abstract conceptualization dan active experimentation memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pembelajaran, mahasiswa memiliki motivasi mengikuti pembelajaran. Dampak positif lainnya adalah rasa percaya diri tumbuh dalam diri mahasiswa dan proses pembelajaran ini memberikan pengalaman baru yang berkesan.