PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Main Authors: usman, misnawaty, dalle, ambo, saleh, nurming
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit UNM , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11295/
ctrlnum 11295
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11295/</relation><title>PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM&#xD; PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ)&#xD; BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA&#xD; JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS&#xD; BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR</title><creator>usman, misnawaty</creator><creator>dalle, ambo</creator><creator>saleh, nurming</creator><subject>Pend. Bahasa Jerman</subject><description>Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian untuk memeroleh data tentang penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Jenis&#xD; penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 52 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini (sampel total) dan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 26 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan&#xD; bahwa thitung 6,42 &gt; ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan Missing letter efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri&#xD; Makassar.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Teknik Permaianan, Missing Letter, kosa kata bahasa Jerman (Wortschatz),</description><publisher>Badan Penerbit UNM</publisher><date>2018-07-08</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf</identifier><identifier> usman, misnawaty and dalle, ambo and saleh, nurming (2018) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 165-177. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press) </identifier><recordID>11295</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author usman, misnawaty
dalle, ambo
saleh, nurming
title PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
publisher Badan Penerbit UNM
publishDate 2018
isbn 9786025554353
topic Pend. Bahasa Jerman
url http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11295/
contents Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian untuk memeroleh data tentang penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 52 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini (sampel total) dan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 26 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 6,42 > ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan Missing letter efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci: Teknik Permaianan, Missing Letter, kosa kata bahasa Jerman (Wortschatz),
id IOS3399.11295
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:03Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:03Z
recordtype dc
_version_ 1764483768295358464
score 17.538404