PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Main Authors: | usman, misnawaty, dalle, ambo, saleh, nurming |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Penerbit UNM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf http://eprints.unm.ac.id/11295/ |
ctrlnum |
11295 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11295/</relation><title>PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM
PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ)
BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS
BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR</title><creator>usman, misnawaty</creator><creator>dalle, ambo</creator><creator>saleh, nurming</creator><subject>Pend. Bahasa Jerman</subject><description>Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian untuk memeroleh data tentang penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Jenis
penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 52 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini (sampel total) dan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 26 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa thitung 6,42 > ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan Missing letter efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri
Makassar.

Kata Kunci: Teknik Permaianan, Missing Letter, kosa kata bahasa Jerman (Wortschatz),</description><publisher>Badan Penerbit UNM</publisher><date>2018-07-08</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf</identifier><identifier> usman, misnawaty and dalle, ambo and saleh, nurming (2018) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 165-177. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press) </identifier><recordID>11295</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
usman, misnawaty dalle, ambo saleh, nurming |
title |
PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER (ML) DALAM
PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ)
BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
JERMAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ASING FAKULTAS
BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR |
publisher |
Badan Penerbit UNM |
publishDate |
2018 |
isbn |
9786025554353 |
topic |
Pend. Bahasa Jerman |
url |
http://eprints.unm.ac.id/11295/1/Misnawaty_Penerapan%20Teknik%20Permainan.pdf http://eprints.unm.ac.id/11295/ |
contents |
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian untuk memeroleh data tentang penerapan teknik permainan Missing Letter dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Jenis
penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 52 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini (sampel total) dan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 26 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa thitung 6,42 > ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan Missing letter efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri
Makassar.
Kata Kunci: Teknik Permaianan, Missing Letter, kosa kata bahasa Jerman (Wortschatz), |
id |
IOS3399.11295 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-05-06T00:00:03Z |
last_indexed |
2019-05-06T00:00:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483768295358464 |
score |
17.538404 |