IMPLEMENTASI BUKU AJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT)

Main Authors: usman, misnawaty, dalle, ambo, Achmad, Abd. Kasim
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit UNM , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11294/1/Misnawaty_Implementasi%20Buku%20Ajar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11294/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: bagaimana menyusun buku ajar kosakata bahasa Jerman (wortschatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT). Tujuannya adalah menghasilkan buku ajar pembelajaran kosakata bahasa Jerman berbasis model pembelajaran Teams-GamesTournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dan dianalisis dengan menggunakan analisis Uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar, yang berjumlah 252 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling yaitu siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data thitung > ttabel yaitu 3,27 > 1,999 yang menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman dengan menggunakan buku ajar berbasis model pembelajaran Teams-Games- Tournament (TGT) efektif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar. Kata Kunci: Buku Ajar (BA), kosakata bahasa Jerman (Wortschatz), TeamsGames-Tournament (TGT).