IMPLEMENTASI BUKU AJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT)
Main Authors: | usman, misnawaty, dalle, ambo, Achmad, Abd. Kasim |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Penerbit UNM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11294/1/Misnawaty_Implementasi%20Buku%20Ajar.pdf http://eprints.unm.ac.id/11294/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: bagaimana menyusun buku ajar kosakata bahasa Jerman (wortschatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT). Tujuannya adalah menghasilkan buku ajar pembelajaran kosakata bahasa Jerman berbasis model pembelajaran Teams-GamesTournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dan dianalisis dengan menggunakan analisis Uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar, yang berjumlah 252 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling yaitu siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data thitung > ttabel yaitu 3,27 > 1,999 yang menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman dengan menggunakan buku ajar berbasis model pembelajaran Teams-Games- Tournament (TGT) efektif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar. Kata Kunci: Buku Ajar (BA), kosakata bahasa Jerman (Wortschatz), TeamsGames-Tournament (TGT).