MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) DALAM PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN

Main Author: Mannahali, Misnah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit UNM , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11291/1/Misna%20Mannahali_Model%20Pembelajaran.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11291/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis mahasiswa melalui model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus yang dilakukan pada mahasiswa program studi Bahasa Jerman Universitas Negeri Makassar pada bulan Januari sampai Mei 2018. Data-data dikumpulkan melalui pengamatan, tes, wawancara, angket dan catatan harian. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman. Data tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata pre-tes yang diperoleh mahasiswa adalah 50,6 hasil tes pada siklus 1 meningkat menjadi 62,50, kemudian pada siklus kedua rata-rata hasil keterampilan menulis yang dicapai mahasiswa meningkat menjadi 73.5, dan hasil tes pada siklus ketiga meningkat menjadi 89.50. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Think Talk Write sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman, Kata kunci : Keterampilan menulis bahasa Jerman, model pembelajaran Think Talk Write