PENTINGNYA INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK KARYA SENI RUPA
Main Authors: | Hasnawati, Hasnawati, M., Yabu, Yunus, Pangeran Paita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Penerbit UNM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11288/1/Hasnawati_Pentingnya%20Instrumen.pdf http://eprints.unm.ac.id/11288/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian dalam pembelajaran karya seni rupa budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai pedoman penilaian oleh guru guru seni budaya di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Alur penelitian ini dimulai dari menganalisis kebutuhan guru mengenai teknik penilaian seni rupa di SMP, merencanakan penelitian pengembangan instrumen penilaian seni rupa, mengidentifikasi jenis karya seni rupa berdasarkan standar isi, mengembangkan indikator ketercapaian berdasarkan kompetensi dasar, menentukan jenis karya seni rupa yang dibuatkan instrumen penilaian, membuat kisi-kisi instrumen penilaian, mengembangan isntrumen penilaian, melakukan validasi instumen, dan melakukan ujicoba instrumen, dan mengimplementasikan instrumen pada guru-guru SMP se Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian untuk karya seni rupa terapan budaya lokal. Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan instrumen penilaian adalah dengan mencermati kurikulum, standar isi, mengembangkan indikator ketercapaian, dan menyusun kisi-kisi instrumen serta mengembangkan instrumen penilaian. Keywords: Instrumen penilaian, karya seni rupa terapan budaya lokal