PENGEMBANGAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI

Main Author: Hajrah, Hajrah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11249/1/Jurnal%20Hajrah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11249/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini; (2) mengetahui prototipe metode bercerita pada anak usia dini; dan (3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini di TK Al Ghafoor Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 15 orang anak. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data lembar validasi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kebutuhan pengembangan metode bercerita menjadi kebutuhan pengembangan walaupun sebelumnya metode tersebut bukan metode pembelajaran baru bagi anak didik untuk diberikan namun dalam mempelajarinya perlu diberikan pemahaman awal dari konsep dasar pembelajarannya; (2) Prototipe metode bercerita bagi anak usia dini terdiri atas dua jenis kegiatan meliputi: (1) bercerita dengan gambar seri, dan (2) mendongeng. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak namun dalam pelaksanaannya memiliki keterbatasan atau kekurangan; dan (3) Tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan metode bercerita memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan. Kata kunci: Metode Bercerita, Anak Usia Dini