Keefektifan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja
Main Author: | Mandila, Della Delfia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/11240/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan menulis teks berita sebelum menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja, (2) kemampuan menulis teks berita setelah menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja dan (3) keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja yang berjumlah 154 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA dan Kelas VIIIC yang berjumlah 53 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis berita sebelum menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja tidak mencapai ketuntasan belajar minimal dengan melihat rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 65,7 sedangkan nilai ketuntasan yang harus dicapai adalah 75,0 (2) kemampuan menulis berita setelah menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja sudah mencapai ketuntasan belajar minimal dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 75,4. (3) media audiovisual efektif digunakan dalam menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantetayo. Hal tersebut dibuktikan dari uji hipotesis nilai p-value < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat ditetapkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.