PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN13 MAKASSAR

Main Authors: Fahrunnisa, Fahrunnisa, Arsyad, Muhammad, Muis, Muis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11237/1/ARTIKEL%20FAHRUNNISA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11237/
ctrlnum 11237
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11237/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN13 MAKASSAR</title><creator>Fahrunnisa, Fahrunnisa</creator><creator>Arsyad, Muhammad</creator><creator>Muis, Muis</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memotivasi belajar fisika peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah.(2)memotivasi belajar fisika peserta didik dengan menggungunakan pembelajaran konvensional. (3) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang di ajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. (4) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional.(5)menganalisis perbedaan motivasi belajar fisika antara kelas yang di ajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.(6) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara kelas yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang diajar pembelajaran konvensional pada kelas XI SMA Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian true eksperimen dengan The rendomized postest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 13 Makassar, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keselurhan 175 orang, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas control dengan jumah masing-masing sampel 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar fisika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebesar 120,4. (2) motivasi belajar fisika dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 108,4.(3) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 20,6. (4) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 16. (5) terdapat perbedaan motivai blajar antara kelas peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar secara pembelajaran konvensional. (6)terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar secara konvensional.&#xD; Kata kunci: berbasis masalah, konvensional, motivasi belajar fisika, dan hasil belajar fisika.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11237/1/ARTIKEL%20FAHRUNNISA.pdf</identifier><identifier> Fahrunnisa, Fahrunnisa and Arsyad, Muhammad and Muis, Muis (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN13 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>11237</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fahrunnisa, Fahrunnisa
Arsyad, Muhammad
Muis, Muis
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN13 MAKASSAR
publishDate 2018
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/11237/1/ARTIKEL%20FAHRUNNISA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11237/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memotivasi belajar fisika peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah.(2)memotivasi belajar fisika peserta didik dengan menggungunakan pembelajaran konvensional. (3) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang di ajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. (4) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional.(5)menganalisis perbedaan motivasi belajar fisika antara kelas yang di ajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.(6) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara kelas yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang diajar pembelajaran konvensional pada kelas XI SMA Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian true eksperimen dengan The rendomized postest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 13 Makassar, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keselurhan 175 orang, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas control dengan jumah masing-masing sampel 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar fisika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebesar 120,4. (2) motivasi belajar fisika dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 108,4.(3) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 20,6. (4) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 16. (5) terdapat perbedaan motivai blajar antara kelas peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar secara pembelajaran konvensional. (6)terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajar secara konvensional. Kata kunci: berbasis masalah, konvensional, motivasi belajar fisika, dan hasil belajar fisika.
id IOS3399.11237
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:03Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:03Z
recordtype dc
_version_ 1764483768160092160
score 17.538404