PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU

Main Author: Rusli, Muhammad Risal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11215/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11215/
ctrlnum 11215
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11215/</relation><title>PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU</title><creator>Rusli, Muhammad Risal</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh prototipe LKPD pembelajaran fisika berorentasi penguatan karakter kerjasama peserta didik di SMAN 1 Tanete Rilau. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Disarankan kepada guru fisika di sekolah tersebut untuk menerapkan LKPD ini pada pembelajaran-pembelajaran berikutnya dan melakukan pendekatan persuasif dan personal kepada peserta didik apabila penerapan LKPD ini belum cukup untuk Dari penelitian ini dihasilkan: (1) Prototype I yang terdiri dari narasi dan pertanyaan pendahuluan tentang pentingnya kerjasama, kegiatan inti yaitu peserta didik diberikan pertanyaan/soal dan setiap anggota kelompok memberikan jawabannya kemudian didiskusikan hingga diperoleh jawaban Bersama, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (2) Prototype II adalah revisi dari prototipe I dengan penambahan kegiatan Inti (Bagian III) persentasi oleh satu orang perwakilan kelompok dan anggota kelompok lain membantu menjawab pertanyaan kelompok lain, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (3)Prototipe III adalah revisi dari prototipe II dengan menghilangkan bagian narasi dan refleksi. Dari hasil uji coba terhadap prototipe III diperoleh hasil observasi keterlaksanaan 2,64 (terlaksanaseluruhnya) (4) Prototype IV adalah revisi dari prototipe III.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11215/1/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Rusli, Muhammad Risal (2018) PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>11215</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusli, Muhammad Risal
title PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU
publishDate 2018
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/11215/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11215/
contents Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh prototipe LKPD pembelajaran fisika berorentasi penguatan karakter kerjasama peserta didik di SMAN 1 Tanete Rilau. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Disarankan kepada guru fisika di sekolah tersebut untuk menerapkan LKPD ini pada pembelajaran-pembelajaran berikutnya dan melakukan pendekatan persuasif dan personal kepada peserta didik apabila penerapan LKPD ini belum cukup untuk Dari penelitian ini dihasilkan: (1) Prototype I yang terdiri dari narasi dan pertanyaan pendahuluan tentang pentingnya kerjasama, kegiatan inti yaitu peserta didik diberikan pertanyaan/soal dan setiap anggota kelompok memberikan jawabannya kemudian didiskusikan hingga diperoleh jawaban Bersama, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (2) Prototype II adalah revisi dari prototipe I dengan penambahan kegiatan Inti (Bagian III) persentasi oleh satu orang perwakilan kelompok dan anggota kelompok lain membantu menjawab pertanyaan kelompok lain, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (3)Prototipe III adalah revisi dari prototipe II dengan menghilangkan bagian narasi dan refleksi. Dari hasil uji coba terhadap prototipe III diperoleh hasil observasi keterlaksanaan 2,64 (terlaksanaseluruhnya) (4) Prototype IV adalah revisi dari prototipe III.
id IOS3399.11215
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:02Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:02Z
recordtype dc
_version_ 1764483768098226176
score 17.538404