DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR

Main Authors: Apriani, Erni, Djadir, Djadir, Asdar, Asdar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/11207/1/artikel%20Erni%20Apriani.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11207/
ctrlnum 11207
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/11207/</relation><title>DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR</title><creator>Apriani, Erni</creator><creator>Djadir, Djadir</creator><creator>Asdar, Asdar</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika dan perbedaan gender siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII2 SMP Negeri 26 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Keenam siswa dipilih berdasarkan nilai Tes Kemampuan Matematika yang terbagi dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah dengan dua orang masing-masing satu laki-laki dan satu perempuan yang mewakili tiap tingkatan kemampuan matematika pada materi SPLDV dengan mengambil nilai tertiggi dari tiap kategori kemampuan. Keenam subjek diberikan TesKemampuan Pemecahan Masalah Matematika I dan TesKemampuan Pemecahan Masalah Matematika II dalam waktu yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Indikator menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dimiliki oleh semua subjek, (2) Indikatormembuat rencanapenyelesaian masalah dari hal-halyang diketahui untukpemecahan masalahdimiliki oleh semua subjek, (3) Indikator melaksanakanpemecahan masalah melaluirencana yang telah dibuat dimiliki oleh semua subjek, (4) Indikator melakukanpemeriksaan kembali terhadapjawaban yang sudah adadimiliki oleh semua subjek.&#xD; Kata kunci:penelitiankualitatif, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan awal matematika, perbedaan gender, sistem persamaan linear dua variabel</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/11207/1/artikel%20Erni%20Apriani.pdf</identifier><identifier> Apriani, Erni and Djadir, Djadir and Asdar, Asdar (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>11207</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Apriani, Erni
Djadir, Djadir
Asdar, Asdar
title DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR
publishDate 2018
topic PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/11207/1/artikel%20Erni%20Apriani.pdf
http://eprints.unm.ac.id/11207/
contents Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika dan perbedaan gender siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII2 SMP Negeri 26 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Keenam siswa dipilih berdasarkan nilai Tes Kemampuan Matematika yang terbagi dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah dengan dua orang masing-masing satu laki-laki dan satu perempuan yang mewakili tiap tingkatan kemampuan matematika pada materi SPLDV dengan mengambil nilai tertiggi dari tiap kategori kemampuan. Keenam subjek diberikan TesKemampuan Pemecahan Masalah Matematika I dan TesKemampuan Pemecahan Masalah Matematika II dalam waktu yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Indikator menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dimiliki oleh semua subjek, (2) Indikatormembuat rencanapenyelesaian masalah dari hal-halyang diketahui untukpemecahan masalahdimiliki oleh semua subjek, (3) Indikator melaksanakanpemecahan masalah melaluirencana yang telah dibuat dimiliki oleh semua subjek, (4) Indikator melakukanpemeriksaan kembali terhadapjawaban yang sudah adadimiliki oleh semua subjek. Kata kunci:penelitiankualitatif, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan awal matematika, perbedaan gender, sistem persamaan linear dua variabel
id IOS3399.11207
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-06T00:00:00Z
last_indexed 2019-05-06T00:00:00Z
recordtype dc
_version_ 1764483768074108928
score 17.538404