PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEMROSESAN INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI TAMAMAUNG I DI KOTA MAKASSAR

Main Author: Hasmawati, Sitti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10748/1/ARTIKEL%20tesis%20Sitti%20Hasmawati.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10748/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SITTI HASMAWATI. 2018. Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar. Dibimbing oleh Umar Tirtaraharja dan. Kustiah Sunarty. Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran pemrosesan informasi di kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar (ii) untuk mengetahui gambaran hasil belajar Sains siswa kelas V SD Negeri Tamamaung I sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran pemrosesan informasi (iii) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran pemrosesan informasi terhadap hasil belajar Sains Siswa kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Variabel penelitian adalah Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi dan Hasil Belajar Sains.. Subjek penelitian ini yaitu Siswa Kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar yang dipilih secara Random Sampling dengan berdasarkan jumlah yang diperoleh 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 siswa untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pelaksanaan model pembelajaran pemrosesan informasi di kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar terlaksana dengan baik melalui Motivasi, Pemahaman, Pemerolehan, Penahanan, Ingatan Kembali, Generalisasi, Perlakuan, Umpan Balik. (ii) terdapat perbedaan hasil belajar Sains siswa kelas V SD Negeri Tamamaung I di Kota Makassar. Hasil penelitian diperoleh data yaitu sebelum diberikan model pembelajaran pemrosesan informasi, kelompok eksperimen berada pada kategori kurang dan setelah perlakuan kelompok eksperimen berada pada kategori sangat baik. Kelompok Kontrol sebelum dan sesudah perlakuan hasil penelitian ini diperoleh data secara deskriptif hasil belajar Sains berada pada kategori kurang. (iii) ada pengaruh signifikan pelaksanaan model pembelajaran pemrosesan informasi terhadap hasil belajar Sains. Kata Kunci : Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi, Hasil Belajar Sains.