KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Main Author: Kurniawati J, Kurniawati J
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10724/1/ARTIKEL%20KURNIA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10724/
ctrlnum 10724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/10724/</relation><title>KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR</title><creator>Kurniawati J, Kurniawati J</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; Kurniawati J. 2018. &#x201C;Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar&#x201D;. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Rapi Tang dan Muhammad Saleh).&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar, berdasarkan isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 258 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar memeroleh nilai rata-rata 66,78 dengan persentase 50% yaitu tidak mampu menulis teks cerpen. Dalam aspek isi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 71,25. Dalam aspek organisasi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 65,89. Dalam aspek kosakata, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 64,28. Dalam aspek penggunaan bahasa, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai yaitu 65,17 dan dalam aspek mekanik, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang yaitu 67,85. Saran penelitian yaitu sebagai bahan masukan bagi sekolah agar mempertimbangkan pemberian kegiatan pembelajaran yang mengarahkan pada kegiatan menulis cerpen, sebagai bahan masukan bagi guru agar meningkatkan kegiatan menulis cerpen bagi siswa dan sebagai bahan bacaan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan variasi dalam penelitian yang juga memberikan inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen.&#xD; &#xD; Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks cerpen</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/10724/1/ARTIKEL%20KURNIA.pdf</identifier><identifier> Kurniawati J, Kurniawati J (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>10724</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kurniawati J, Kurniawati J
title KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR
publishDate 2018
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/10724/1/ARTIKEL%20KURNIA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10724/
contents ABSTRAK Kurniawati J. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Rapi Tang dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar, berdasarkan isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 258 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar memeroleh nilai rata-rata 66,78 dengan persentase 50% yaitu tidak mampu menulis teks cerpen. Dalam aspek isi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 71,25. Dalam aspek organisasi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 65,89. Dalam aspek kosakata, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 64,28. Dalam aspek penggunaan bahasa, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai yaitu 65,17 dan dalam aspek mekanik, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang yaitu 67,85. Saran penelitian yaitu sebagai bahan masukan bagi sekolah agar mempertimbangkan pemberian kegiatan pembelajaran yang mengarahkan pada kegiatan menulis cerpen, sebagai bahan masukan bagi guru agar meningkatkan kegiatan menulis cerpen bagi siswa dan sebagai bahan bacaan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan variasi dalam penelitian yang juga memberikan inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks cerpen
id IOS3399.10724
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-05-05T23:59:51Z
last_indexed 2019-05-05T23:59:51Z
recordtype dc
_version_ 1764483766174089216
score 17.538404