Pengembengan Desain Pembelajaran Pada Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi Siswa di sekolah Menengah Kejuruan (Analisis Teori-teori Belajar yang Mendasari Desain Pembelajaran)
Main Author: | Purnamawati, Purnamawati |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/10645/1/prosiding.pdf http://eprints.unm.ac.id/10645/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi di SMK Negeri Kota Makassar. Jeins penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang produknya diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar mengajar di SMK yang mengarah kepada pembelajaran yang berkualitas. Berdasarkan tahap pengembangan yang ditempuh, maka diperoleh hasil, yaitu: Pertama, hasil investigasi awal telah menghasilkan kebutuhan desain pembelajaran berbasis metakognisi, yaitu: (1) tujuan pembelajaran; (2) pembelajaran saat ini; (3) karakter siswa di SMK; dan (4) permasalahan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran berbasis metakognisi. Kedua, teori-teori belajar yang mendasari pembelajaran desain pembelajaran berbasis metakognisi, yaitu teori belajar behavioristik, kognitif, konstruktivistik, teori belajar orang dewasa, teori belajar sosial, teori Vigotsky, dan teori belajar pemecahan masalah.Pengkajian teori-teori belajar tersebut, memperkuat dalam penentuan tujuan pembelajaran berbasis metakognisi.