Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Bidang Keahlian Elektronika Industri di SMK
Main Author: | Purnamawati, Purnamawati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/10639/1/medtek.pdf http://eprints.unm.ac.id/10639/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah suatu inovasi pembelajaran inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk memandirikan siswa dalam belajar, membudayakan berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis masalah pada bidang keahlian elektronika industri. Jenis penelitian adalah eksperimen semu, yang dilaksanakan di SMK Negeri dan Swasta dengan objek penelitian siswa kelas XI. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu ketuntasan belajar secara individu yaitu 85,22%, kompetensi guru dalam mengajar sangat baik, aktivitas siswa efektif dan siswa menunjukkan respon yang sangat positip. Dengan demikian, pembelajaran berbasis efektif diterapkan pada siswa-siswa SMK. Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini dapat merangsang motivasi siswa, membangun kreativitas, kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi belajar siswa, dan mengembangkan kemandirian dalam belajar.