PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DASAR ANAK TUNANETRA USIA DINI DI SLB PEMBINA TINGKAT PROPINSI SULAWESI SELATAN, DI MAKASSAR

Main Author: Parwoto, Parwoto
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10510/1/PENELITIAN%206.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10510/2/PEER%20REVIEWER%20LEMLIT%20PENGEMBANGAN%20KETERAMPILAN%20ORIENTASI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10510/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Seorang anak tunanetra usia dini memiliki akses yang sangat terbatas untuk belajar keterampilan orientasi dan mobilitas. Ini merendahkan motivasi anak untuk berekplorasi, menginisiasi interaksi, atau berpartisipasi dalam aktivitas. Sebagai hasilnya, anak menjadi tergantung pada orang lain dan pasif atau mengikat dirinya dalam aktivitas yang kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran : (1) strategi pengembangan keterampilan orientasi tunanetra usia dini; (2) strategi pengembangan konsep dan kemandirian, citra tubuh, dan koordinasi motorik; (3) strategi pengembangan keterampilan mobilitas tunanetra usia dini di SLB Negeri Pembina Parangtambung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, untuk memperoleh gambaran masalah berkaitan dengan pengembangan keterampilan orientasi dan mobilitas tunanetra usia dini pada kelas persiapan di SLB Negeri Pembina Parangtambung. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai selaku instrument utama. Dallam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah guru khusus, guru kelas, dan dua anak tunanetra pada kelas persiapan serta kedua orangtuanya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berjalan bersamaan dengan analisis data dengan menggunakan analisis interaksi (Miles & Huberman, 1992).