PERANAN SEKOLAH, KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MENUJU INDONESIA BERBUDAYA DAMAI

Main Author: Parwoto, Parwoto
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10409/1/JURNAL%206.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10409/2/PEER%20REVIEWER%20PROSIDING%20MEMBANGUN%20KEMANDIRIAN%20BANGSA%20MELALUI%20PENDIDIKAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10409/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Munculnya kasus-kasus kekerasan baik dirumah, sekolah, dan masyarakat menjadikan keprihatinan kita bersama untuk dilakukan upaya menekan perilaku tersebut melalui pendidikan nilai karakter sejak anak usia dini. Pendidikan Pancasila dan agama yang menjadi pilar National and Character Building, masih menunjukkan kelemahan karena masih terbatas pada sentuhan kognitif dan belum pada sentuhan afeksi dan perilaku dalam kehidupan masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkaitan dengan pendidikan nilai karakter anak Indonesia, tentu saja pendidik harus mampu menerjemahkan sasaran tujuan, khususnya sasaran manusia dan bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.