ANALISIS TINDAK TUTUR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMART 1 SMP NEGERI 33 MAKASSR

Main Author: Hikmah, Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10369/1/JURNAL%20SRI%20KURNIA%20RAMADHANI%201392042060.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10369/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kela VII Smart 1 SMP Negeri 33 Makassar berdasarkan teori Austin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan langsung, pencatatan, dan perekaman. Analisis data menggunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Smart 1 SMP Negeri 33 Makassar menunjukkan Pada pembuka pembelajaran, tindak tutur yang digunakan oleh penutur yaitu guru terdapat tindak lokusi, ilokusi dan perlokusi. Tindak lokusi dengan adanya bentuk pernyataan, yakni pernyataan guru terhadap siswa, sedangkan tindak ilokusi adalah representatif/memberikan informasi, direkti/memerintah, dan konvival/suatu ajakan. tindak perlokusi ditandai dengan ucapan „iya, Bu‟ oleh siswa selaku lawan tutur. Kata kunci : Tindak tutur, Pembelajaran